PENGARUH MASASE PUNGGUNG TERHADAP KUALITAS TIDUR PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RSUD R SYAMSUDIN SH KOTA SUKABUMI
Kategori:Jurnal Terakreditasi LIPI
Penulis:SUSILAWATI, S.Kp., M.Kep
Bidang Ilmu:DIII KEPERAWATAN
No./Edisi:1/3
Vol./Thn.:3/2013
Bulan:MEI
Tahun:2013
ISSN:2252.3642
Abstrak:

ABSTRAK

 

Tidur merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh semua manusia.Akan tetapi klien yang menjalani hospitalisasi sering mengalami gangguan tidur.Masase merupakan tindakan mandiri perawat yang bertujuan untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh.Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kualitas tidur sebelum dan sesudah dilakukan masase serta pengaruh masase terhadap kualitas tidur pasien di ruang rawat inap penyakit dalam RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi.

Tidur memiliki peranan esensial bagi kesehatan. Tidur merupakan proses yang diperlukan manusia untuk pembentukan sel-sel tubuh yang baru. Dengan pemberian masase maka klien akan lebih cepat tertidur.

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan keseluruhan yaitu kelompok intervensi.Besar sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang.Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Acidental sampling.Instrument penelitian yang digunakan berupa quesioner.Uji statistik yang digunakan adalah wilcoxon untuk membandingkan kualitas tidur responden sebelum dan sesudah dilakukan masase.

Kualitas tidur sebelum dilakukan masase memiliki nilai rata-rata kualitas tidur kurang, setelah dilakukan masase rata-rata berada pada kualitas tidur cukup.Berdasarkan hasil analisa data wilcoxon diketahui bahwa responden yang diberikan tindakan masase sebelum tidur mengalami peningkatan kualitas tidur yang signifikan, nilai p-value =0,001 (p-value<0,05).

Setelah diberikan masase terjadi peningkatan kualitas tidur. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah agar responden dikaji tingkat stressnya agar dapat mengetahui pengaruh stress terhadap gangguan tidur pasien.
    



© 2017 | Design & Programming by ICT STIKES Sukabumi | Login