FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN PREEKLAMPSIA PADA IBU BERSALIN DI RUANG BERSALIN RSUD R. SYAMSUDIN, SH KOTA SUKABUMI
Kategori:Jurnal Terakreditasi LIPI
Penulis:ENUNG TATI AMALIA, S.Pd., M.Kes
Bidang Ilmu:DIII KEPERAWATAN
No./Edisi:1/3
Vol./Thn.:3/2013
Bulan:MEI
Tahun:2013
ISSN:2252.3642
Abstrak:

Abstrak

 

Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia masih sangat tinggi. Preeklampsia merupakan salah satu penyebab kesakitan maupun kematian maternal dan perinatal di Indonesia.

Preeklampsia adalah suatu gangguan multisistem idiopatik yang spesifik pada kehamilan, persalinan, dan nifas yang ditandai dengan tekanan darah yang menetap ≥ 140/90 mmHg pada wanita yang sebelumnya normotensif, proteinuria, dan edema yang bermakna.

Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional dalam proses pengambilan data. Penelitian ini meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian preeklampsia pada ibu bersalin di Ruang Bersalin RSUD R. Syamsudin, SH Kota Sukabumi pada 300 sampel dari jumlah populasi sebanyak 1.195 dokumentasi ibu bersalin periode Januari-Mei 2012 dengan menggunakan teknik analisis Chi Square, yang dilanjutkan dengan analisis Koefisien Kontingensi serta Koefisien Determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap preeklampsia dalam penelitian ini adalah usia (p value  0,00), paritas (p value  0,045), pendidikan (p value  0,00), serta riwayat hipertensi (p value  0,00).

Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu di antara semua faktor yang diteliti, faktor yang paling berpengaruh terhadap kejadian preeklampsia adalah pendidikan.

Untuk mengurangi hal tersebut, perlu dilakukan pengawasan terhadap pasien degan karakteristik tergolong faktor risiko terjadinya preeklampsia tersebut.
    



© 2017 | Design & Programming by ICT STIKES Sukabumi | Login